10 Karakteristik Muslim Ideal : Shahihul Ibadah

http://1.bp.blogspot.com/--h65TveNk5M/TtpC6AFq_4I/AAAAAAAAAFg/xolqJfsuM2M/s1600/kartun_doahijau.jpg

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

dudududududududududum *ceritanya bunyi drum* DUARRR! *ceritanya bunyi kembang api*

Moshi moshi :D Blue Ranger is back!

Salam Ranger!!!

How’s life fren?

Kali ini Ranger Biru mau sedikit sharing nih, tentang salah satu poin dari 10 karakter muslim ideal. Ada yang tahu gak? Hmmm.. pasti tahu dong! Kalo belum, silahkan nanya ke mr. google dulu, banyak tuh. Nah, karakter yang akan kita perbincangkan disini adalah Shahihul Ibadah.

Apaan tuh?

Shahihul ibadah secara singkat berarti ibadah yang benar. Kalo dalam bahasanya tetangga jauh di Inggris sono, berarti right devotion. Jadi, melaksanakan ibadah sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW melalui sunnah-sunnah beliau. Juga sesuai dengan apa yang ada di dalam al-qur’an. Nah, artinya nih kita gak boleh menambah atau mengurangi ibadah semau kita. Kan ada tuh, dalam salah satu hadist Rasulullah SAW berkata seperti ini “Shalatlah kamu sebagaimana melihat aku shalat”

My dear fren, buat ibadah mahdhah, atau ibadah ritual, emang harus ngikutin contoh dari Rasulullah SAW apa adanya. Ibadah khusus disebut ibadah mahdhah yang memiliki sifat dan karakteristik khusus. Tata cara atau kayfiyat, waktu pelaksanaan ibadah, jumlah atau frekuensi pelaksanaan ibadah udah ditentukan oleh Allah dan Rasul-Nya. Sikap kita sebagai Muslim dalam menyikapi ibadah mahdhah adalah menerima, mematuhi, dan melaksanakannya dengan istiqamah, serta penuh keikhasan lahir batin. Sikap ini ada dalam Al-Qur`an pada surah al-Baqarah ayat 285 : “sami’nawaatha’na” (kami mendengar dan kami mematuhi). Prinsip dalam ibadah mahdhah adalah semua tindakan diharamkan kecuali yang dibolehkan oleh Allah. Yang termasuk ibadah mahdhah kayak wudhu, tayammum, mandi hadast, shalat,puas, haji, sama umrah.

Misalnya kayak shalat wajib. Aturannya kan ada 5, ya udah berarti kita shalat wajib emang ya cuma 5 waktu. Jangan ditambahin. Jangan karena pengen banyak pahala nih, shalat wajibnya dijadiin 7 waktu. Atau karena malas *naudzubillah* shalatnya cuma 4 waktu doang. Aduh..aduh… jangan deh! Ntar yang ada malah bid’ah loh, trus dosa pula. Mau gak? *backsound: gak..gak..gak mau..*

Nah, selain ibadah mahdhah ada juga ibadah ghairu mahdhah, yaitu ibadah umum atau segala amalan yang diperbolehkan oleh Allah SWT. Contohnya kayak dzikir, belajar, saling tolong menolong, dan berdakwah. Kalo untu yang satu ini, asal ga ada dalil yang ngelarang, sah sah aja dilaksanakan. Trus, gak mesti mencontoh cara Rasulullah melakukannya. And dalam ngejalaninnya, kita harus memperhatikan manfaat dan mudharatnya, juga jangan sampai melalaikan ibadah yang wajib.

My dear fren, mungkin nih kita bertanya-tanya. Ngapain sih kita mesti ibadah? (0____0)9

Iya sih, dulu waktu jaman saya masih ababil plus 4L4Y saya juga sering nanya kayak gitu. Ngapain kok kita harus ibadah?

Kira-kira kenapa ya?

Hmm…

Kalo kata Kakak Ranger Kristal Violet, ibadah itu adalah makanan buat spirit, atau jiwa kita. Kalo tubuh kita gak dapat supplai makanan, kan bakal sakit, ya? Sama dengan jiwa, kalo jiwa kita gak dapat makanan, bakal sakit. Trus, kalo tubuh kita yang sakit masuknya kan ke rumah sakit. Nah kalo jiwa yang sakit, masuknya ke rumah sakit jiwa kan? Pasti my dear fren gak mau kan? *Aku juga gak mau XD*

Selain itu, ini ngutip kata-kata dalam buku You Are Not Alone, ibadah itu adalah kebutuhan. Coba kita analogikan lagi dengan kegiatan makan. My dear fren kenapa kita makan? Karena lapar. Bener. Sama juga, kenapa kita ibadah? Karena jiwa kita lapar. Kalo dibiarin lapar terus, gak diisi, ya ntar kayak di atas, bakal sakit. Atau bahkan mati. Bayangin aja, ntar jadinya kayak mayat hidup. Hidup tapi sebenarnya mati.

Ibadah juga adalah bentuk kasih sayang kita kepada Allah SWT. Coba bayangin my dear fren, bukankah Allaw SWT udah baiiiiiiikkk pake bangets sama kita. Bernapas, gratis. Udara, gak usah bayar. Darah, gak bayar. Punya jantung, gak bayar juga. Enak banget kan? Trus masa sih kita mau yang kayak kata pepatah: air susu dibalas air tuba.

Meski begitu, Allah SWT sama sekali gak rugi kok kalo kita gak mau beribadah kepadaNya. Tapi, kalo kita tanpa Allah, apa jadinya? Kayak yang dalam lagu tuh, “aku tanpaMu, butiran debu~” bener! Emang bener! Tanpa Allah kita adalah butiran debu. Mungkin, butir debu dibagi 100 kali ya.. keciiiiiiiiiiiiiiilll banget! Lagipula, manusia emang udah fitrahnya buat ibadah, seperti dalam Al qur’an :

”Dan tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia, kecuali agar mereka beribadah kepadaku..” (Q.S Adz – Dzariyat [51] : 56)

Lagian ibadah kan gak cuma puasa, shalat, dll. Bekerja juga ibadah, belajar juga. Membantu orang tua, tersenyum, bahkan membuang duri di jalan juga ibadah kan? Perbuatan baik apapun itu kalo diniatin karena Allah, insya allah adalah ibadah. Yah, sekali lagi my dear fren, ibadah itu manfaatnya buat kita sendiri. Gak cuma insya allah bakal masuk surga, tapi ketika ibadah, saat itu juga manfaatnya kerasa. Jiwa kita jadi seger, bahagia, dan tenang. Semoga, Allah SWT selalu menuntun kita dan mencerahkan hati kita agar bisa total beribadah kepadaNya *amiiin*

Muslim sejati, totalitas tanpa batas!

We’re Muslim! Fighting! *\(^0^)/*

Wasssalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Mata ne~ :D

With smile,

-Ranger Biru-

*dari berbagai sumber*

2 Comments (+add yours?)

  1. kristal
    Oct 10, 2012 @ 01:31:47

    prok.prok.prok.prok. jazakillah khoyr ita-chan as rangers biru :)

    yuk bebenah amal yaumi kita lagi..
    ibadah langsung sama Allah..ibadah-ibadah lainnya..

    tentu oake tuntunan Rosulullah SAW. teladan paling keren se-semesta ;)

    inget kan..kita DUTA ISLAM ;)

    Reply

  2. kristal
    Oct 10, 2012 @ 01:47:55

    penjelasannya bagus :) ita-chan udah siap2 ya..tahun ini kan janjinya jadi kakak asisten *senyum manis banget*

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: