Salam : Pertanda Cinta, Pembawa Berkah

Assalamulaikum warahmatullahi wabarakatuh

Halo teman! Konnichiwa! Annyeong hasseyo! Nihao ma?😀

Salam Rangers!!!

Setelah sempat hiatus selama hampir dua bulan, akhirnya pada 27 September 2012, AAI ceria lengkap dengan para rangersnya, mengadakan first comeback di kost-an Kakak ranger😀. *prok..prok..prok..prok..* Penasaran kan, seperti apa comeback stage AAI ceria? yuk, cekidot!

Jeng..jeng.. jeng.. Ranger Biru kali ini akan melaporkan hasil notulensi pada sesi taushiah. Kali ini, Ranger Hijau a.k.a Intan, membawakan sebuah tema yang bikin hati hangat, yaitu : Salam.

Pasti teman-teman ingat kan, lagunya Raihan. Itu tuh, nasheed group dari negeri tetangga. Kira-kira bunyinya gini nih : “Assalamualaikum.. apa kabar saudaraku sekalian? Daku mendoakan kamu selamat sejahtera” Nah, dari sepenggal lirik itu, teman-teman udah ngeh kan, apa arti dari salam itu? Yup, bener banget! Salam itu adalah doa bagi keselamatan orang lain.

Teman, tahu gak salam ternyata adalah pertanda cinta loh.. jadi jangan salah ya, kan selama ini kita kenalnya kalimat macam ‘I Love You’ atau sebuket mawar merah merona adalah bukti cinta kita kepada seseorang. Ternyata salam itu adalah pertanda cinta. Coba yuk, kita lihat hadist nabi di bawah ini :

Kalian tidak akan masuk surga sampai kalian beriman, dan tidak akan sempurna iman kalian hingga kalian saling mencintai. Maukah aku tunjukkan kalian pada sesuatu yang jika kalian lakukan akan saling mencintai? Sebarkanlah salam di antara kalian (HR. Muslim)

Nah, nabi udah ngasih tahu kan, jurus ampuh agar kita sesama muslim saling mencintai. Ini adalah trik cinta membawa kita ke surga. Dengan salam, maka akan saling mencintai. Saling cinta, maka pertanda sempurnanya iman. Dan iman yang sempurna akan membawa ke surga *amin*.  Tapi, jangan juga kalau mau nembak orang trus berlutut dan ngucapin salam (-_-)9 Maksudnya dalam hadist itu, adalah cinta sesama umat muslim. Cinta itu akan memperkokoh kedekatan anatara kaum muslimin dan menunjukkan syiar yang berbeda dari agama lain.

Salam itu juga membawa berkah. Karena itu, Rasulullah SAW pernah berkata kepada Anas bin Malik ra seperti ini :

Wahai anakku, jika kamu mau masuk menemui keluargamu, ucapkanlah salam, niscaya akan menjadi berkah bagimu dan bagi keluargamu (HR. At-Tirmidzi, dinyatakan shahih oleh Al Albani dalam Al Karim Ath Thayyib)

Kalau gak dikasih salam, rumah kita akan terasa kering kerontang. Gersang. Tanpa keindahan. Bagai sayur tanpa garam. Oh, betapa menyedihakannya~ *lebay dikit* Tapi bener loh, bayangin coba kalo kita masuk rumah gak bilang salam. Tahu-tahu buka pintu trus gedebag-gedebug. Ntar yang ada, kita digebukin Ibu gara-gara dikira maling. Menyedihkan, kan? Dan bukan cuma di rumah loh, kalau masuk kelas atau memulai suatu presentasi, membuka sebuah pertemuan atau forum, juga sebaiknya ngucapin salam. Biar berkah gitu..😀

Trus, masih berhubungan dengan salam *ya iyalah, kan temanya tentang salam* ada tuh, kita kenal dengan budaya titip salam. Biasanya kalo ketemu temennya Ibu kita di jalan, pasti dikasih titipan, “salam ya, buat Ibu”. Nah, kalo misalnya kita yang kedapetan salam, gimana nih sikap kitanya?

Mau tahu gak?

Mau tahu banget atau mau tahu aja?

Hmm… kasih tahu gak ya?

Xixixi

Tenang, bakal dikasih tahu kok. Jadi, kalo kita kedapetan salam, kita bisa membalasnya dengan mengatakan “wa’alaihissalam” atau “wa’alaika wa’alihissalam” Namun, lebih baik kita tuh gak ‘membebani’ orang dengan nitip-nitip salam. Soalnya, orang itu kan berarti kena kewajiban untuk menyampaikan salam itu. Padahal boleh jadi amanat itu akan memberatkan. Kan kasihan jadinya T^T

Oya teman, salam itu gak hanya buat orang yang kita kenal tapi buat yang kita gak kenal juga. Loh terus gimana? Ntar dikira SKSD?! (.____.)a

Kalo gitu, yuk baca kisah berikut :

Alkisah, ada seorang laki-laki bertanya pada Rasulullah SAW  “Islam manakah yang lebih baik?” Beliau bersabda, “Kamu memberikan makanan dan mengucapkan salam atas orang yang kamu kenal maupun tidak” (HR. Bukhari)

Wah, memberi salam buat orang yang gak kita kenal itu adalah perbuatan yang “WOW” banget. Coba bayangin, teman bukan, saudara kandung bukan, suami/istri bukan, tapi kita mendoakan mereka dengan mengucapkan salam. Kita mengaharapkan keselamatannya, bukankah itu sesuatu yang “WOW” gitu?

Salam juga masuk ke dalam 6 kewajiban Muslim atas muslim lainnya. Bahkan, jadi yang pertamax loh teman.. Ini nih, 6 kewajiban itu :

  1. Ketika bertemu, ucapkan salam
  2. Ketika minta nasihat, nasihatilah
  3. Ketika bersin dan membaca hamdalah serta terdengar, maka wajib menjawabnya
  4. Apabila sakit, maka jenguklah
  5. Apabila menginggal, maka antarkanlah jenazahnya
  6. Apabila diundang, datanglah

Nah teman, melihat banyanya manfaat dari mengucapkan salam baik untuk diri kita dan orang lain, tentunya kita udah gak emoh lagi buat ngucapin salam kan? Semoga Sang Maha Sempurna memberi kemudahan kepada kita untuk menyebarkan salam. Soalnya, dalam hadis riwayat Ibnu Hibban dalam As Shahih disebutkan jika manusia yang paling bakhil adalah mereka yang bakhil mengucapkan salam, dan yang paling lemah adalah manusia yang tidak mampu mengucapkan doa. Tentu gak mau kan, jadi bakhil dan lemah? Hiii… atut.. ogah ah….

Tapi sekali lagi teman, semuanya bergantung pada niat dalam diri kita. Ingat, segala perbuatan itu tergantung pada niatnya. Jadi, mari kita meluruskan niat kita hanya karena Allah SWT dalam berbuat, dan saling mengingatkan untuk tetap di jalan yang diridhoi-Nya ^^

Sekian, laporan selesai. Ranger Biru pamit, Salam Ranger!

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

See you ^^

Mana salammu?😀

Sumber : Lembar Hikmah An Nafs Kerohanian HIMAPSI UNS edisi September 2012

1 Comment (+add yours?)

  1. kristal
    Oct 09, 2012 @ 05:16:59

    great ita!😀

    request materi ihsan yang kemaren dong!😀

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: